Sabtu, 29 November 2008

RUSAKNYA DUNIA

Dari waktu ke waktun hari kehari alam semesta menunjukkan perubahan yang tidak bersahabat kepada dunia terutama kepada manusia yang ada di dalamnya yang semakin akrab, bencana alam menyapa kita yang hidup. Sepertitanah longsor dan banjir. Bencana banjir inilah yang menjadi pokok permasalahan saat ini yang belum ditemukan jalan keluarnya untuk mencegah masalah banjir .
Tapi peristiwa semua tersebut, apakah terjadi begitu saja tanpa ada penyebabnya? Apakah peristiwa alam tersebut merupakan sunatullah semata dimana semuanya berubah dan terjadi sebagaimana alam menghendakinya? Jika memang semua yang terjadi adalah murni kehendak alam, mengapafakta berbicara lain? Sedikitnya banjir dan tanah longsor,disebut-sebut berasal dari praktek ilegal logging , sampah yang menumpuk yang tidak bisa diolah, serta sejumlah renyebab lain yang tidak kalah merusak.
Firman Allah pun secara tegas mengatakan bahwa kerusakan yang terjadai di muka bumi ini adalah benar oleh tangan jahil manusia dalam Dari ay
at (Qs.Ar-Rumm:41) tersebut, setidaknya ada 2 hal yang patut dicatat pertama, kebenaran bahwa manusia sebagai penyebab kerusakan di bumi ini bukanlah isapan jempol belaka. Kedua ,tugas manusia adalah sebagai khalifah di mukas bumi ini. hal tersebut tidak akan terjadi jika manusia itu mengingat akan fungsi dan tugasnya sebaga khalifah. Yang mempunyai derajat paling tinggi jika dibandingkan dengan makluk lainnya. tentu saja semuanya itu dilaksanakan sesui dengan kemampuan yang dimiliki, yakni akal dan bentuknya yang paling sempurna.

Tidak ada komentar: